Senin, 07 Mei 2012

Menampilkan Tanda Kurang-Lebih (±)

Tanda kurang lebih (±) seringkali Anda temukan dalam dokumen. Biasanya, tanda ini disertakan untuk menyebutkan kisaran harga atau jumlah suatu produk dan barang. Untuk menulis tanda ini, kebanyakan pengguna PC menggunakan fasilitas “Symbol” pada program Microsoft Office, baik Word maupun Excel. Biasanya, mereka hanya mengambil sekali saja dari “Symbol” dalam satu proses editing atau pengetikkan. Selanjutnya, kebanyakan dari mereka tinggal meng-copy tanda tersebut bila dibutuhkan di paragraf lainnya.
Namun, ada juga di antara mereka yang menulis dengan ejaan kalimatnya, yaitu “kurang lebih” untuk menghemat waktu editing.

Sebenarnya bagaimana untuk menulis tanda tersebut dengan cepat, tanpa harus repot menggunakan fasilitas “Symbol” yang dapat dipanggil dari menu “Insert”? Dengan mengetikkan tanda “+” yang dilanjutkan dengan “/” dan “-” sehingga membentuk “+/-” tampaknya agak kurang efektif untuk dokumen Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda menggunakan tips  ini.



Untuk membuat tanda “Kurang Lebih” pada dokumen, Anda dapat menggunakan shortcut. Sebelum Anda mengetikkan jumlah bilangannya, coba Anda gunakan kombinasi tombol “Alt” dan “0177″. Caranya, Anda tahan tombol “Alt” lalu tekan “0177″. Untuk “0177″ Anda harus mengetiknya dari bagian “Numerik” di keyboard. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu fungsi “Num Lock” telah menyala. Setelah Anda mengetikkan kombinasi tombol tersebut, lihat hasilnya. Tanda “±” pasti telah ada di lembar kerja Anda.
artikelnya :